Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

MEMILIKI PROPERTY SYARIAH – Situs Marketeers.com, menuliskan, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mengeluarkan data di 2016, permintaan pembelian properti oleh masyarakat melalui cara syariah meningkat sampai 11,23% per tahun.

memiliki property syariah royal orchid syariah

Ustadz Fatih Karim, CEO Cinta Quran juga mengatakan masyarakat Indonesia saat ini semakin banyak yang menerapkan gaya hidup sesuai syariah. Semakin banyak wanita berhijab, kajian anak-anak muda di mana-mana, hingga property syariah semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Peluang yang ada dimanfaatkan oleh sejumlah developer menghadirkan ragam pilihan properti dengan sistem kepemilikan syariah.

Pada awal tahun, tepatnya Ahad (8/3/2020), di Bandung diadakan Gathering Super Akbar Property Syariah Pertama dan Terbesar di Jawa Barat oleh DPS (Developer Property Syariah). Acara ini disambut antusias oleh masyarakat luas.

Saat acara berlangsung, banyak yang berminat dan membeli properti-properti yang ditawarkan. Ada kavling agrowisata, rumah mewah sampai kavling villa.

Ini bukti, jika masyarakat khususnya Muslim mulai sadar untuk memilih cara syariah dalam memiliki rumah, villa, kavling atau properti jenis lainnya.

Ditulisan ini, kami berbagi 7 tips memiliki property syariah yang aman! Silakan dibaca!

Memiliki properti syariah yang aman

Sebelum membeli sesuatu, carilah ilmunya dahulu agar tak salah pilih. Sekarang ini banyak developer yang menawarkan ragam pilihan menarik dengan berbagai kemasan.

Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Tapi tetap jangan asal membeli, agar tak menyesal dikemudian hari.

Verifikasi dahulu sebelum membeli

Langkah awal yang Anda lakukan adalah verifikasi developer. Anda harus lakukan ini dengan aktif. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti mendatangi lokasi proyek yang sedang digarap. Melihat progres dilapangan.

Anda ke lokasi bisa sendiri atau dengan marketingnya. Kalau dengan marketingnya, Anda bisa mendapatkan jawaban yang panjang lebar terkait proyek.

Selanjutnya datang ke kantor pengembang, tanyakan terkait visi misi perusahaan, kemajuan proyek, siteplan, dan lain-lain. Jangan lupa tanyakan juga, apakah mereka sudah masuk ke asosiasi properti?

Seperti kami, Royal Orchid Syariah Group tergabung ke dalam Asosiasi DPS (Developer Property Syariah). DPS telah lama mengayomi pengembang properti syariah diberbagai daerah di Indonesia.

Mereka memberi pelatihan sampai informasi-informasi terbaru tentang dunia properti. Uniknya tak sembarang developer bisa tergabung ke DPS.

Kenapa? Dikarenakan mereka yang masuk harus melalui serangkaian tahapan verifikasi yang ketat.

Alhamdulillah melalui cara ini, proyek-proyek yang DPS payungi, aman, legal, dan berjalan sukses. Cek apakah properti yang kamu target pengembangnya sudah masuk ke asosiasi?

Tanyakan pada asosiasinya

Setelah Anda melakukan verifikasi dan mengetahui developer tersebut tergabung di asosiasi apa.

Langkah selanjutnya langsung verifikasi ke asosiasi tersebut. Tanyakan apakah pengembang ini sudah masuk ke asosiasi? Apakah proyeknya aman dan legal?

Ustadz Rosyid Aziz founder DPS, di Kompas menyatakan, di DPS itu ada sistem verifikasi. Jadi tiap developer yang akan gabung di DPS, akan dicek terlebih dahulu, bagaimana terkait akuisisi lahannya, arus keuangan, legalitas, dll.

Beliau tidak mengingkari, ada banyak di luaran sana developer nakal yang memanfaatkan peluang kemudahan menjual properti dengan sistem syariah. Tujuannya untuk mendulang keuntungan sendiri.

Kalau ini terjadi, tentu label syariah yang akan dicap buruk oleh masyarakat.  

Menghindari hal tersebut dan kemungkinan lainnya, verifikasi yang diterapkan DPS, bermanfaat untuk meminimalisir developer nakal yang mau bergabung.

Cari tahu legalitasnya

Legalitas merupakan ketetapan yang sah secara agama dan hukum. Legalitas sendiri sangat penting dalam properti syariah. Ia menjadi salah satu penguat bagi calon pembeli untuk yakin dan mengamanahkan uangnya ke developer.

Maka datangi langsung ke kantor developer/pemasaran. Tanyakan dan minta bukti legalitas asli terkait proyeknya. Lihatlah secara seksama.

Cek juga izin-izinnya

Tidak hanya legalitas saja yang perlu Anda cek, izin-izinnya juga perlu. Seperti izin lingkungan dan izin lainnya dari pemerintah setempat, apakah pengembang sudah memilikinya.

Bahkan jika Anda ingin lebih yakin lagi bisa menanyakan ke pemerintah setempat yang berwenang, apakah developer ini sudah legal?

Jika belum, jangan beli dari developer tersebut. Lantaran, ke depan bisa memicu masalah jika tak mengantongi izin resmi. Izin-izin ini berguna untuk membuktikan jika proyek ini sah dan dilindungi secara hukum.

Pilih yang tanpa riba

Dunia bisnis properti diidentikkan dengan tindakan riba. Sampai hari ini pun masih banyak dijumpai membeli rumah atau properti dengan riba, bunga sekian dan sekian.

Padahal di Islam riba adalah haram, dosa besar, dan bahayanya dunia akhirat begitu mengerikan. Oleh karenanya untuk menghindari hal itu, Anda beralihlah ke sistem syariah.

Pilihlah developer yang menerapkan transaksi tanpa riba. Memilih properti yang mengaplikasikan sistem pembelian 100% tanpa riba akan memberikan kemudahan, ketenangan dan kenyamanan bagi Anda sendiri.

Terpenting, insyaa Allah properti yang Anda miliki berkah dan halal. Lantaran tidak bersinggungan dengan apa yang Allah dan RasulNya larang.

Tanpa unsur gharar

Gharar yakni tindakan penipuan. Masih ada asumsi yang berkembang di masyarakat kalau bisnis properti itu penipuan. Sehingga banyak yang belum berminat dengan properti. Untuk menghilangkan hal tersebut, Anda dapat memilih properti syariah.

Di properti syariah ada aturan serta ketentuan yang pasti. Sehingga tak ada unsur penipuan di dalamnya.

Walau jika Anda amati di internet ada oknum-oknum yang memakai label syariah dengan tujuan menipu konsumen agar dapat keuntungan berlimpah.

Untuk menghindarinya, Anda bisa mengamati portfolio pengembang, legalitasnya, izin-izin dari pemerintah terkait, dll.

Perhatikan lokasi proyeknya

Untuk memiliki properti yang aman dan sesuai kebutuhan. Cek seberapa strategis lokasi proyeknya. Apakah dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, masjid, pasar, dll, atau tidak.

Mengetahui seberapa strategis lokasinya, bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama survei ke lokasi langsung. Kedua menggunakan google maps.

Manfaat mengetahui ini:

  • Anda beli properti bukan untuk waktu singkat, sehari/dua hari saja.
  • Biasanya proyek yang lokasinya strategis berbanding lurus dengan harganya. Jadi jika lokasinya strategis, harga pun mahal.

Royal Orchid syariah Group adalah developer property syariah sejak 2016 yang telah terverifikasi proyek-proyeknya oleh DPS. Menghadirkan berbagai pilihan property, ada villa mewah di Cipageran Cimahi, perumahan elit di Bandung, hingga investasi kambing domba di Ciwidey.

Informasi lebih lanjutnya hubungi 0811.9073.333!

Silakan share jika tulisan tips memiliki property syariah yang aman bermanfaat!

Jika dirasa bermanfaat, bagikan info ini ya ^_^
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Kontak Kami