Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

INVESTASI UNTUK PEMULA – Bagi banyak orang, kata “berinvestasi” memunculkan gambar pria berjas, memantau pertukaran jutaan rupiah pada pasar saham.

Padahal, siapapun bisa melakukan investasi terlepas apapun pekerjaan orang tersebut. Untuk Anda yang pemula dan belum tahu bagaimana cara berinvestasi yang benar, tenang!  Tips investasi untuk pemula di bawah ini akan membantu Anda.

investasi untuk pemula royal orchid syariah

Kunci untuk memulai investasi adalah mengembangkan kebiasaan baik seperti menyisihkan uang setiap bulannya secara teratur dan disiplin.

Ganti cappuccino buatan barista dengan kopi di rumah dan Anda sudah bisa menghemat lebih dari Rp. 500.000 sebulan. Setelah memiliki cukup uang untuk dikembangkan, Anda bisa mulai berinvestasi.

Tips investasi untuk pemula

Jalan lurus menuju stabilitas keuangan dimulai dengan Anda mengembangkan penghasilan. Berikut ini adalah tips bagi pemula yang dapat membantu Anda menginvestasikan uang dengan benar dan bijaksana.

Coba masukkan uang Anda di pos-pos yang berbeda

Menyimpan uang dan berinvestasi sangat terkait satu sama lain. Untuk menginvestasikan uang, pertama-tama Anda harus menabung. Caranya sangatlah mudah.

Anda bisa mulai menyisihkan uang misalnya, Rp 5.000 per hari. Memang tidak tampak banyak, tetapi selama satu tahun, uang tersebut bisa menjadi Rp 1.825.000.

Ingat peribahasa, “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit?” Ya, langkah pertama di atas bekerja.

Banyak orang yang berhasil membeli atau mendapatkan sesuatu dengan menyisihkan beberapa rupiah tiap periodik—hari, minggu atau bulan. Cara yang lain, Anda juga bisa mencoba untuk mengelompokkan kebutuhan harian-bulanan ditiap pos yang berbeda.

Bedakan antara uang untuk makan, bayar listrik, sewa rumah, hiburan, dan menabung. Catat pengeluarannya. Evaluasi tiap bulan dimasing-masing pos. Komitmenkan tiap bulan untuk menabung.

Meskipun terdengar konyol, cara ini juga bekerja. Tiap awal bulan Anda membagi penghasilan untuk pos-pos yang berbeda. Kemudian menjalankan sesuai dengan rancangan yang telah disepakati.

Anda akan belajar komitmen dan mengukur seberapa kuat mimpi yang ingin diwujudkan. Hal terpenting lainnya, Anda belajar tentang mindset orang kaya dalam mengatur keuangan.

Jika sampai detik ini misalnya Anda belum bisa menabung, coba praktikkan cara sederhana di atas! Anda akan kaget dengan hasil yang nanti diperoleh.

Tetapkan tujuan investasi tertentu

Jika Anda ingin menghasilkan uang dalam jangka panjang, penting untuk menetapkan tujuan spesifiknya.

Aidil Akbar Moneesa di Kumparan berbicara, saat mau memulai investasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan. Gunanya dengan adanya target yang jelas, akan menjadi salah satu faktor pertimbangan memilih produk investasi yang dipilih.

Lakukan penelitian  

Pengetahuan adalah kekuatan, terutama ketika menyangkut investasi. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk melakukan penelitian mendalam sebelum memutuskan untuk berinvestasi di suatu tempat/produk.

Carilah ilmunya dahulu, sebelum berinvestasi. Apalagi era digital sekarang, mudah untuk mendapatkan segala informasi. Anda juga harus berhati-hati dengan segala penawaran produk investasi.

Pelajari dahulu dengan teliti dari berbagai sumber!

Analisis segala risiko

Risiko terkait langsung dengan keputusan investasi. Jadi analisis dengan cermat, area mana saja yang Anda ingin masukkan uang. Bandingkan berbagai produk investasi dan pahami tingkat risiko masing-masing.

Mengevaluasi jumlah risiko yang siap Anda ambil adalah hal yang penting, karena itu berpengaruh pada pengambilan keputusan apa pun. Jika toleransi risiko Anda rendah, hindari investasi dalam instrumen yang mengandung kemungkinan kerugian besar.

Contohnya jika Anda berinvestasi di pasar properti. Apabila pasar properti turun, maka menjadi waktu yang tepat untuk berinvestasi di properti. Lantaran ketika pasar properti akan pulih dan naik Anda bisa menjualnya dengan harga yang cukup tinggi.

Ingat operasional harus tetap jalan!

Poin penting terakhir jangan lupa untuk kebutuhan sehari-harinya harus aman tak terganggung ya!

Aura Kasih seorang public figure memberikan tips untuk yang masih pemula dalam investasi di situs Kumparan. “Yang penting untuk kebutuhan sehari-hari itu save, aman,” katanya.

Jadi jangan sampai karena fokus di investasi, terus operasional sehari-hari jadi terganggung! Amankan harian, terus adaptasi dengan kebiasaan baru bernama investasi.

Contoh praktik investasi untuk pemula

Jika Anda membaca di berbagai situs ada banyak produk investasi yang bisa dipilih, seperti deposito, obligasi, saham, mata uang asing, reksadana, logam mulia, dan properti.

Berkaca di kakek nenek kita zaman dahulu, mereka investasi di properti (sawah, tanah), emas, ternak, dan berkebun. Mereka kaya-kaya.

Sekarang kita bisa meniru mereka. Langkah-langkah sederhananya sebagai berikut:

  1. Tentukan tujuan investasi. Misal tujuan investasi untuk beli tanah 100 m2. Caranya dengan mengumpulkan sedikit demi sedikit dalam bentuk logam mulia. Bisa memakai logam mulia Antam, UBS, pegadaian, dll Terpenting tempatnya terpercaya. Nanti jika logam mulia sudah terkumpul sesuai dengan nilai tanah. Bisa langsung dikonversikan
  2. Rinciannya, buat pos-pos pengeluaran tiap bulannya, termasuk di dalamnya tabungan. Disiplinkan tiap bulan agar bisa menabung berapa pun jumlahnya
  3. Uang yang terkumpul bisa langsung dibelikan logam mulia. Atau dibelikan ternak. Misalnya ternak ayam, sapi atau kambing
  4. Kurun waktu beberapa bulan ternak berkembang. Bisa langsung dikonversikan ke emas
  5. Lakukan poin 3-4 secara konsisten dan disiplin
  6. Selanjutnya jika logam mulia sudah terkumpul banyak. Anda tinggal mencari tanah yang sesuai. Setelah itu emas dikonversikan ke tanah
  7. Tanah yang sudah Anda beli, bisa ditanami pepohonan, dipakai berternak, dibangun properti seperti penyewaan kos atau kontrakan
  8. Melalui cara ini, sejatinya uang Anda pun berlipat ganda/bertumbuh terus menerus

Bagaimana mudah bukan caranya? “Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit.”

Orang-orang kaya, mereka tidak hanya pintar dalam mencari uang. Namun juga pandai menabun kemudian menumbuhkan uang tersebut. Pembahasan di atas mengajarkan kita bagaimana menabung dan berinvestasi dengan sederhana yang mudah untuk dilakukan.

Royal Orchid Syariah Group memiliki banyak alternatif pilihan investasi properti syariah bagi Anda. Kami ada perumahan syariah di Ciwidey, villa mewah di Cimahi, hunian elit di Bandung, sampai investasi kambing domba dengan praktisi ahli IPB di kawasan wisata terkenal Bandung.

Semua dengan sistem kepemilikan 100% syariah. Artinya tanpa terjerumus ke riba, tidak menggunakan bank, tak ada sita, denda, BI Checking hingga tak ada akad bathil.  Anda sudah bisa memiliki properti syariah yang tenang dan nyaman.

Informasi lebih lanjut hubungi 0811.9073.333.

Ada banyak cara untuk mulai berinvestasi dengan sedikit uang. Asalkan ada kemauan dan tekad, di situ pasti ada jalan.

Semoga tulisan tips investasi untuk pemula bermanfaat bagi Anda.

Share jika tulisan ini manfaat!

Jika dirasa bermanfaat, bagikan info ini ya ^_^
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Kontak Kami