Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Desain Rumah IslamiIbadah menjadi hal yang paling utama dalam menyempurnakan agama. Namun tahukah Anda, bahwa hunian yang Islami juga dapat membantu untuk menyempurnakan ibadah? Tidak harus hunian dengan desain yang megah dan mahal, asalkan mengikuti aturan agama, hunian Anda pasti jadi lebih Islami.

Hunian yang baik menurut agama, yaitu yang memudahkan Anda untuk beribadah serta selalu terjaga kebersihannya.

BACA JUGA: 11 Ide Hiasan Dinding Islami di Rumah yang Bikin Tenang dan Nyaman

Sebenarnya tidak terlalu banyak aturan yang ditetapkan oleh Islam mengenai penataan rumah, hanya saja ada beberapa benda atau lainnya yang dilarang ada di dalamnya. Apa sajakah itu? Yuk simak!

Desain rumah Islami 1 : Hindari Patung

Patung-patung sering muncul di dinding luar rumah dan menjadi daya tarik penampilan rumah tersebut. Bisa berupa flora, fauna, atau bahkan bentuk aksen yang unik.

Namun tahukah anda bahwa Islam melarang penggunaan patung sebagai desain dekorasi rumah. Alasannya, patung bisa menjadi tempat tinggal jin serta ditakutkan menjadi barang yang dipuja oleh isi rumah.

Dalam hadits Bukhari dan Muslim, Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya, malaikat tidak akan masuk suatu rumah yang di dalamnya ada patung.”

Desain rumah Islami 2 : Jangan Pajang Lukisan Bernyawa

Desain interior rumah biasanya memiliki hiasan dinding berupa gambar, foto, dan lukisan. Bentuk lukisan yang umum digunakan adalah lukisan animasi berbagai makhluk (seperti hewan dan tumbuhan, hewan dan manusia).

Ternyata hal tersebut dilarang dalam Islam. Nabi shallallohu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Di mata Allah, orang yang menerima hukuman paling berat di hari kebangkitan adalah para juru gambar.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, Nabi Muhammad shallallohu ‘alaihi wa sallam bahkan secara eksplisit melarangnya melalui hadits: “Kecuali jika Anda terluka, jangan biarkan gambar makhluk itu muncul, kecuali Anda meratakannya ke tanah, jangan biarkan kuburan naik.” (HR. Muslim).

Desain rumah Islami 3 : Hindari Perabotan Emas dan Perak

Hal lain yang tidak boleh ada di rumah kita adalah perabotan emas dan perak yang dipakai untuk makan dan minum. Hukumnya haram, dan ancamannya sangatlah keras.

Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya orang yang makan dan minum dengan bejana emas dan perak, maka akan gemercik suara api neraka dalam perutnya.” (HR. Muslim)

Desain rumah Islami 4 : Sediakan Ruangan Khusus Ibadah

Ibadah bagaikan oase di gurun pasir. Memberikan kesegaran, kedamaian, dan kenyamanan. Maka, hadirkan ruangan khusus untuk Anda ibadah di rumah. Bisa digunakan untuk shalat sunnah, berjamaah, membaca Alquran atau aktivitas lainnya.

Ruang ibadah khusus juga dapat digunakan sebagai tempat belajar bagi anggota keluarga. Hal ini dikarenakan rumah ini tidak hanya sebagai tempat berkumpulnya keluarga saja, tetapi juga tempat pendidikan usia dini termasuk pendidikan agama.

Di ruang ini, anggota keluarga bisa mengobrol dan berdiskusi untuk membangun hubungan yang lebih harmonis. Dengan mendesain konsep rumah dengan ruangan ibadah khusus, Anda akan mewujudkan “Baiti Jannati”, rumahku surgaku.

Desain rumah Islami 5 : Pastikan Privasi Penghuni Rumah Terjaga

Konsep desain rumah Islami selanjutnya yang bisa diadopsi adalah menjaga privasi penghuni rumah, artinya harus memperhatikan konstruksi dan tata letak atau denah rumah.

Sebaiknya eksterior pintu rumah tidak langsung menghadap ke depan yang bisa menampilkan isi rumah, dan ada baiknya mengaplikasikan pintu dari samping agar isi rumah secara keseluruhan tidak terlihat.

Hal ini dilakukan untuk mengimplementasikan ajaran Islam desain rumah yang tidak mengumbar aurat atau kebiasaan penghuni rumah yang tidak perlu diketahui orang lain.

Desain rumah Islami 6 : Memilih Warna Kesukaan Nabi

Desain rumah Islami berikut ini sifatnya opsional, jadi bisa dipakai atau tidak. Dijelaskan dalam beberapa riwayat bahwa Rasulullah menyukai tiap warna. Namun yang paling disukai warna putih dan hijau, mengutip dari situs Republika.

Berikut salah satu hadist yang meriwayatkan bahwa beliau suka warna putih dan mengajarkan kepada umatnya untuk memakainya:

Dari Ibnu Abbas RA. Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam bersabda “Hendaklah kalian memakai pakaian putih semasa hidup kalian, dan kafanilah yang mati di antara kalian dengannya (warna putih), sebaik-baik pakaian kami adalah warna putih.” 

Selain itu, an-Nasai meriwayatkan: “Rasulullah pernah menemui kami dalam keadaan memakai dua pakaian (atas dan bawah) yang berwarna hijau.”

Di QS. Ar-Rahman: 64 disebutkan warna surga adalah hijau. Kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengaplikasikan warna-warna ini pada rumah kita untuk desain rumah Islami.

Desain rumah Islami 7 : Memajang Lafadz Allah dan Rasulullah

Muslim terkadang menempatkan ayat-ayat Al-Quran sebagai hiasan dinding di rumah mereka. Ada yang berbentuk kaligrafi, ada yang berbentuk kertas, lalu ada yang bingkainya. Jika untuk tujuan kebaikan, dan selalu mengingat Allah SWT dan Nabi Muhammad shallallohu ‘alaihi wa sallam, diperbolehkan.

Jadi Anda harus meluruskan niat terlebih dahulu sebelum memajang kaligrafi di dinding rumah, pastikan niatnya hanya untuk Allah dan bukan yang lainnya. Jika niatnya sudah lurus, maka Allah akan senantiasa memberikan keberkahan di rumah Anda.

Anda bisa memajang kaligrafi, nama Rasulullah, ataupun Masjidil Haram yang di dalamnya ada ka’bah sebagai kiblat umat Islam.

Desain rumah Islami 8 : Menyediakan Halaman Luas

Jika Anda memiliki kesempatan, sediakan juga halaman yang luas di hunian pribadi Anda. Di sana Anda bisa bercocok tanam, beternak, sebagai arena bermain anak dan keluarga, atau bahkan memanah.

Pemanfaatan ini berhubungan dengan pelestarian lingkungan, ketahanan pangan keluarga, dan produktifitas. Namun jika lahan Anda terbatas, maka sediakanlah halaman secukupnya, dan amalkan anjuran desain rumah Islami sesuai syariah yang lainnya.

Desain rumah Islami 9 : Toilet Tidak Menghadap Kiblat

Seperti yang sudah diketahui oleh khalayak umum, bahwa kiblat merupakan arah yang menjadi acuan umat Islam untuk beribadah. Tidak hanya itu, saat tidur atau saat melakukan berbagai kegiatan pun Rasul menganjurkan umatnya untuk menghadap kiblat.

Namun tidak dengan toilet, unsur hunian yang satu ini sangat dilarang untuk menghadap kiblat karena tidak layak.

Rasul sendiri yang menganjurkan, bahwa ketika membangun rumah maka jangan hadapkan toilet ke arah kiblat!

Desain rumah Islami 10 : Membuat Pagar yang Tidak Terlalu Tinggi

Hunian masa kini cenderung memiliki pagar yang sangat tinggi, sehingga sangat sulit untuk terlihat oleh orang yang lewat, bahkan oleh tetangga sendiri. Islam tidak menganjurkan umatnya untuk memasang pagar yang tinggi, karena bisa mengurangi esensi silaturahmi.

Anda cukup memasang pagar sekitar 1 meter saja, agar tetangga yang lewat bisa menyapa atau mengetahui keberadaan Anda, sehingga silaturahmi masih tetap terjaga. Perlu diingat, bahwa silaturahmi menjadi hal yang sangat penting dalam agama islam.

Desain rumah Islami 11 : Pisahkan Kamar Anak

Jika Anda dan keluarga Allah karuniai anak laki-laki dan perempuan. Maka pisahkan kamar mereka. Sebagaimana Rasulullah ajarkan, untuk memisahkan kamar tidur anak laki-laki dan perempuan. Apalagi jika mereka sudah baligh.

Anda bisa mengonsultasikan hal ini dengan desainer soal pemisahan kamar, agar didapat desain yang nyaman.

Desain rumah Islami 12 : Tanami dengan Tetumbuhan

Berikan sentuhan tetumbuhan di rumah impian Anda. Tumbuhan akan memberikan kenyamanan, kesegaran, dan keindahan. Lebih penting lagi, tetumbuhan itu akan ikut berkotribusi dalam menyerap udara kotor dan menggantinya dengan oksigen.

Bila Anda niatkan untuk kebaikan, Anda akan dapatkan pahala, bila meniatkan tumbuhan yang ditanam untuk kebermanfaatan yang lain.

Desain rumah Islami 13 : Membuat Tata Cahaya yang Baik

Rumah yang rutin tersinari cahaya matahari akan semakin terlihat hidup, serta membuat penghuninya menjadi lebih sehat. Islam juga mengajarkan pengaturan masuknya cahaya ke dalam rumah, agar umatnya bisa merasakan kenyamanan yang alami.

Saat sedang merencanakan pembangunan rumah, jangan lupa untuk memperbanyak celah udara dan cahaya, supaya unsur alami dapat masuk ke rumah Anda. Siapapun akan merasa lebih nyaman jika memiliki rumah yang sirkulasi cahaya dan udaranya sempurna.

Inspirasi desain rumah Islami tersebut bisa menjadi gambaran bagi Anda yang ingin membangun rumah sesuai syariat Islam. Mulailah dari hal termudah dahulu seperti menghindari ornamen patung, menghindari pajangan lukisan hidup, dan lainnya.

Hal yang tidak kalah penting dalam aturan rumah Islami, yaitu kebersihan yang harus selalu dijaga. Allah dan Rasul sudah mengajarkan kepada umat Islam agar tetap menjaga kebersihan, karena itu menjadi bagian dari iman.

Jika dirasa bermanfaat, bagikan info ini ya ^_^
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Kontak Kami